PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Rahman Wahid Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Purhasanah
  • Neneng Jessi Asrina

DOI:

https://doi.org/10.56223/elaudi.v4i2.98

Keywords:

pendidikan anak usia dini, media teknologi, teknologi digital

Abstract

The utilization of technology-based learning media is something that can no longer be avoided in the learning process by teachers. In the era of increasingly massive technological developments, teachers should be able to provide experience to children so that they can use technology wisely. In line with that, in the context of early childhood education, the introduction to technology is an important thing to do considering that at this time technology is no longer only used by adults, but early childhood has also been faced with a life that is closely related to technology. Thus, it is important for teachers to instill technological and digital literacy skills to early childhood, so that they can then become wise people in using technology.

References

Amada, N. Z., dan A. Hakim. 2022. “Analisis Penggunaan Youtube sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital.” Hal. 9–14 in Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD.

Andriyani, I. N. 2018. “Pendidikan anak dalam keluarga di era digital.” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam 7(1):789–802.

Audie, N. 2019. “Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1):586–95.

Aulinda, I. F. 2020. “Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital.” Tematik 6(2):88–93.

Azis, T. N. 2019. “Strategi Pembelajaran Era Digital.” The Annual Conference on Islamic Education and Social Science 1(2):308–18.

Dini, J. P. A. U. 2022. “Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3):1965–75.

Febrita, Y., dan M. Ulfah. 2019. “Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5(1).

Fernandes, R. 2019. “Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0.” Jurnal Socius: Journal of sociology research and education 6(2):70–80.

Firmadani, F. 2020. “Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0.” KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 2(1):93–97.

Fitriyani, F., dan A. T. Nugroho. 2022. “Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):201–8.

Herlambang, Y. T., R. Wahid, dan M. N. Solehudin. 2021. Landasan Pendidikan: Sebuah tinjauan multiperspektif dasar esensial Pendidikan. Bandung: Yayasan Multiliterasi.

Herlambang, Y. T., Y. Yunarti, D. A. Dewi, R. Wahid, B. Hendrawan, dan A. Hendriani. 2023. “Sistem Ubiquitous-Learning Berbasis SPOT Dalam Membangun Interaktivitas Mahasiswa di Perguruan Tinggi.” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 7(2):1599–1609.

Lindriany, J., D. Hidayati, dan D. M. Nasaruddin. 2023. “Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua.” Journal of Education and Teaching (JET 4(1):35–49.

Maghfiroh, S., dan D. Suryana. 2021. “Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1):1560–66.

Moto, M. M. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan.” Indonesian Journal of Primary Education 3(1):20–28.

Munawar, M., F. Fakhruddin, A. Rifai, dan T. Prihatin. 2019. “Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS 2(1):193–97.

Mustofa, M., dan B. H. Budiwati. 2019. “Proses Literasi Digital terhadap Anak: Tantangan Pendidikan di Zaman Now.” Pustakaloka 11(1):114–30.

Novianti, R., F. Febrialismanto, E. Puspitasari, dan H. Hukmi. 2020. “Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Era Digital Di Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak Provinsi Riau.” Riau Journal of Empowerment 3(3):183–90.

Novitasari, Y., dan M. Fauziddin. 2022. “Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4):3570–77.

Prayoga, A., dan E. Muryanti. 2021. “Peran guru dalam pengenalan literasi digital pada anak usia dini pada masa covid-19 di tk se-kecamatan pauh duo.” Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4(2):84–95.

Putri, M. S. 2021. “Transformasi lingkungan pembelajaran berbasis literasi digital pada anak usia dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9(3):408–15.

Rizkiyah, P. 2022. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 4(1):115–33.

Safitri, N., C. W. Kuswanto, dan Y. A. Alamsyah. 2019. “Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini.” Journal of Early Childhood Education (JECE 1(2):29–44.

Sawitri, E., M. S. Astiti, dan Y. Fitriani. 2019. “Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.” in Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Trisiana, A. 2020. “Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran.” Jurnal pendidikan kewarganegaraan 10(2):31–41.

Wahid, R., E. Hikamudin, dan A. Hendriani. 2023. “Analisis Penggunaan Chat-GPT Oleh Mahasiswa Terhadap Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi.” Jurnal Pedagogik Indonesia: Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Ksatria Siliwangi 1(2):112–17.

Wahid, R., dan D. S. Saputra. 2021. “Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe.” Massagi: Masyarakat Multiliterasi Pedagogi 1(1):9–17.

Widianto, E. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2(2):213–24.

Yuliani, S. 2022. “Adaptif di Era Disruptif: Strategi Sekolah Tinggi Teologi Menghadapi Tantangan di Era Disrupsi.” Jurnal Luxnos 8(2):205–18.

Yunansah, H., Y. Yuniarti, Y. T. Herlambang, R. Wahid, dan A. Hendriyani. 2022. “Rancang bangun media bahan ajar digital berbasis multimodalality dalam pendekatan pedagogik futuristik.” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6(2):1136–49.

Yunita, Y., dan S. Watini. 2022. “Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(7):2603–8.

Zahwa, F. A., dan I. Syafi’i. 2022. “Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 19(01):61–78.

Downloads

Published

2023-10-06